SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian – 14 Maret 2023 | Samuel Aset Manajemen
Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian – 14 Maret 2023

Kilas Pasar

Indeks saham di Amerika Serikat bergerak bervariasi pada hari Senin (13/3). Dow dan S&P 500 melemah masing-masing sebesar -0.28% dan -0.15% sedangkan Nasdaq terapresiasi sebesar 0.45%. Dari Eropa, indeks FTSE 100 melemah sebesar -2.58%, STOXX600 terdepresiasi sebesar -2.42%.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diperdagangkan pada level Rp. 15,400. Dari komoditas, perdagangan minyak Brent dan WTI melemah masing-masing sebesar -0.45% dan -0.48% diperdagangkan pada level US$ 80.41 dan US$ 74.44 per barel.

Indeks acuan Asia, KOSPI Korea Selatan melemah sebesar -2.10%, NIKKEI Jepang terdepresiasi sebesar -2.33%. Perdagangan indeks futures Amerika Serikat menguat pada pagi hari ini dengan Dow Jones, S&P dan Nasdaq terapresiasi masing-masing sebesar 0.29%, 0.31% dan 0.34%.

Isu Ekonomi dan Pasar

Pemerintah Amerika Serikat (AS) melakukan serangkaian tindakan darurat untuk mengantisipasi krisis yang lebih luas akibat ambruknya Silicon Valley Bank (SVB). Regulator AS mengatakan bahwa nasabah bank dari SVB akan kembali memiliki akses ke semua simpanan mulai hari ini, Senin (13/3/2023).  Pihak regulator AS juga menyiapkan fasilitas baru untuk memberi akses ke dana darurat. Sementara itu, The Fed (Federal Reserve System) mulai mempermudah bank untuk meminjam darinya dalam keadaan darurat. Mereka juga bergerak cepat untuk menutup SVB di New York, yang mendapat tekanan dalam beberapa hari terakhir, seperti dilansir dari Reuters, pada Senin (13/3/2023). (Bisnis)

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, ada empat komoditas yang menjadi penyumbang inflasi di pekan kedua Maret 2023. Adapun komoditas yang dinilai menjadi penyebab inflasi yaitu cabai rawit, beras, cabai merah, dan minyak goreng. ?Bila melihat potensi inflasi di Maret minggu kedua 2023 tercatat ada empat komoditas yang kenaikan harga terjadi di beberapa daerah. Empat komoditas ini kelihatanya dari minggu kemarin hampir bergantian posisinya,? ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah pada Senin (13/03/2023). Catatan BPS menunjukan bahwa komoditas cabai rawit mengalami kenaikan harga di 109 kabupaten/kota pada minggu kedua Maret 2023. Sepuluh kabupaten/kota dengan potensi kenaikan harga cabai rawit tertinggi yaitu Bolaang Mongondow Selatan (Sulawesi Utara), Buton Utara (Sulawesi Tenggara), Minahasa(Sulawesi Utara), Tomohon( Sulawesi Utara), Gorontalo( Gorontalo), Minahasa Selatan (Sulawesi Utara), Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara), Minahasa Utara (Sulawesi Utara), Bone Bolango (Gorontalo), dan Kepulauan Sangihe (Sulawesi Utara). ?Sepuluh kabupaten/kota dengan potensi harga cabai rawit tertinggi semuanya berada di Sulawesi,? papar Pudji. (Investor)

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian—14-Maret-2023.pdf