SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian – 24 Januari 2023 | Samuel Aset Manajemen
Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian – 24 Januari 2023

Kilas Pasar

Indeks saham di Amerika Serikat menguat pada hari Senin (23/1). Dow, S&P 500 dan Nasdaq terapresiasi sebesar 0.76%, 1.19% dan 2.01%. Dari Eropa, indeks FTSE 100 tumbuh sebesar 0.18%, STOXX600 terapresiasi sebesar 0.52%.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diperdagangkan pada level Rp. 14.950. Dari komoditas, perdagangan minyak Brent dan WTI menguat masing-masing sebesar 0.18% dan 0.18% diperdagangkan pada level US$ 88.25 dan US$ 81.77 per barel.

Indeks acuan Asia, NIKKEI Jepang tumbuh sebesar 1.65%. Perdagangan indeks futures Amerika Serikat bergerak bervariasi pada pagi hari ini dengan Dow Jones tumbuh sebesar 0.02% sedangkan S&P dan Nasdaq terdepresiasi masing-masing sebesar -0.01% dan -0.04%.

Isu Ekonomi dan Pasar

Pemerintah akan memberikan beragam insentif pajak bagi investor yang akan berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Diyakini, pemberian insentif tersebut dapat menarik minat banyak investor sehingga dapat menanamkan modalnya di IKN. Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengatakan, peraturan pemerintah (PP) yang akan mengatur mengenai pemberian insentif pajak di IKN akan ditandangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan segera akan diterbitkan kepada publik. “Minggu ini akan ada peraturan pemerintah (PP) baru yang secara khusus akan mengatur tentang insentif bagi kegiatan investasi di IKN,” ujar Bambang dalam acara Update on Business Oppoturnities in IKN, dikutip Senin (23/1). (Kontan)

Menteri Keuangan (Menkeu) Amerika Serikat (AS) Janet Yellen menyatakan dalam beberapa waktu terakhir ada perkembangan baik terkait penangan inflasi di AS. Hal ini sieirng dengan meredanya kenaikan harga energi dan tekanan dari rantai pasokan di seluruh dunia.  Sementara itu AS masih didukung oleh pasar tenaga kerja yang terbilang kuat.  “Kami melihat masalah-masalah rantai pasokan berkurang secara signifikan, persediaan sedang dibangun, biaya pengiriman telah turun, dan inflasi tidak lagi memberikan kontribusi yang sangat signifikan,” jelas Yalen dikutip dari Bloomberg pada Senin (23/1/2023). (Bisnis)

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian—24-Januari-2023.pdf