Pengumuman Rencana Pembubaran Reksa Dana Terproteksi SAM Dana Obligasi Terproteksi 8 | Samuel Aset Manajemen
Samuel Aset Manajemen

Pengumuman Rencana Pembubaran Reksa Dana Terproteksi SAM Dana Obligasi Terproteksi 8

PT Samuel Aset Manajemen selaku Manajer Investasi REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 (“Manajer Investasi”) dengan ini mengumumkan rencana pembubaran dan likuidasi REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8.

Berkaitan dengan rencana tersebut di atas, dengan ini Manajer Investasi menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Manajer Investasi dan PT Bank Mega Tbk selaku Bank Kustodian (”Bank Kustodian”) telah sepakat untuk melakukan pembubaran REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 sebagaimana termaktub dalam Kesepakatan Pembubaran REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 tertanggal 19 Desember 2022.
  2. REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 akan dibubarkan karena seluruh Pemegang Unit Penyertaan telah melakukan penjualan kembali atas seluruh Unit Penyertaan REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 yang dimilikinya sehingga saat ini sudah tidak terdapat Pemegang Unit Penyertaan yang tersisa dalam REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 sebagaimana ternyata dalam Laporan Aktiva dan Kewajiban REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 per tanggal 10 November 2022 yang mengakibatkan total Nilai Aktiva Bersih REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 di bawah Rp 10.000.000.000,- (sepuluh miliar Rupiah) dan Manajer Investasi dan Bank Kustodian sepakat untuk melakukan pembubaran REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 tanpa menunggu berakhirnya jangka waktu kewajiban membubarkan Reksa Dana dengan total Nilai Aktiva Bersih kurang dari Rp 10.000.000.000,- (sepuluh miliar Rupiah) selama 120 (seratus dua puluh) hari bursa berturut-turut sebagaimana diatur dalam Pasal 45 huruf d Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 23/POJK.04/2016 tanggal 13 Juni 2016 tentang Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif juncto Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 2/POJK.04/2020 tanggal 8 Januari 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 23/POJK.04/2016 tentang Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (selanjutnya disebut “POJK Tentang Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif”).
  3. Pada tanggal 21 Desember 2022, Manajer Investasi telah memberitahukan rencana pembubaran REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 kepada Otoritas Jasa Keuangan dengan Surat Direksi PT Samuel Aset Manajemen Nomor 1516/MKT/SAM/XII/22 tanggal 21 Desember 2022 dan pada tanggal yang sama, Manajer Investasi telah menginstruksikan Bank Kustodian untuk menghentikan perhitungan Nilai Aktiva Bersih REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 terhitung sejak tanggal 21 Desember 2022.
  4. Pembubaran dan dimulainya likuidasi akan dilakukan dengan ditandatanganinya akta pembubaran REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8 di hadapan Notaris.

Demikian pengumuman ini dibuat untuk dapat diketahui oleh publik.

Jakarta, 21 Desember 2022p
Manajer Investasi selaku Likuidator
REKSA DANA TERPROTEKSI SAM DANA OBLIGASI TERPROTEKSI 8

PT Samuel Aset Manajemen
Manajer Investasi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan