Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Jumat 18 Juni 2021

Kilas Pasar

 

Indeks saham di Amerika Serikat tercatat ditutup mixed pada perdagangan hari Kamis (17/4) kemarin. Indeks Dow Jones ditutup melemah 0.62%, S&P 500 ditutup melemah 0.04% sedangkan NASDAQ menguat 0.87%.

 

Di Eropa, indeks acuan Euro Stoxx tercatat melemah 0.12% dan FTSE100 melemah 0.44%. Dari dalam negeri, IHSG ditutup melemah 0.17% pada perdagangan Kamis (17/4) kemarin.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS tercatat melemah pada level Rp 14.355. Dari komoditas, minyak WTI dan Brent kompak melemah dengan masing-masing mengalami penurunan sebesar 0.23% dan 0.21% pada level US$ 70.87 dan US$ 72.96 per barel.

 

Pasar diperkirakan dibuka mixed cenderung menguat pada hari ini, mengikuti indeks Nikkei yang pagi ini dibuka menguat 0.26% dan indeks KOSPI yang menguat 0.1%. Indeks futures acuan juga tercatat mixed, dengan Dow Jones melemah 0.05%, S&P menguat 0.57% dan Nasdaq menguat 0.08%

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Jumlah orang Amerika Serikat yang mengajukan klaim baru tunjangan pengangguran meningkat pekan lalu untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan, tetapi PHK berkurang di tengah pembukaan kembali ekonomi dan kekurangan orang yang mau bekerja.  Data Departemen Tenaga Kerja menyebutkan, klaim awal tunjangan pengangguran negara itu mencapai 412.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 12 Juni, dibandingkan dengan 375.000 pada pekan sebelumnya. Ini adalah peningkatan pertama sejak akhir April. (Reuters)

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Kamis 17 Juni menyatakan, peningkatan drastic tingkat keterisian temapt tidur rumah sakit di Indonesia bagi pasien Covid-19 harus menjadi perhatian utama. WHO meminta Pemerintah Indonesia melakukan penerapan langkah-langkah protocol Kesehatan masyarakat yang lebih ketat, termasuk pembatasan social berskala besar. WHO mengatakan pada laporannya, bahwa dengan meningkatnya penularan karena ada varian baru  Corona maka diperlukan Tindakan segera untuk mengatasi situasi di banyak provinsi. (Kontan)

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

 

Best Regards,

SAM Investment

 

 

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian—18-Juni-2021.pdf