Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Selasa 8 Juni 2021

Kilas Pasar

 

Indeks saham di Amerika Serikat tercatat bergerak secara variatif pada perdagangan Senin kemarin. Dow Jones ditutup melemah 0.36%, S&P 500 melemah 0.08%, sedangkan Nasdaq naik 0.49%. Di Eropa, indeks acuan Euro Stoxx600 tercatat naik 0.22% dan FTSE naik 0.12%. Dari dalam negeri, IHSG ditutup naik tipis 0.08% pada perdagangan Senin kemarin.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada pada level Rp 14.264. Dari komoditas, minyak WTI dan Brent melemah masing-masing sebesar 0.13% dan 0.08%. Pagi ini, Nikkei dibuka menguat 0,35% sedangkanKospi dibuka melemah sebesar 0.20%. Untuk indeks futures AS tercatat kompak menguat, dengan Dow Jones naik 0.01%, S&P 500 menguat 0.09%, dan Nasdaq juga menguat 0.23%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yakin pertumbuhan ekonomi 2Q21 menembus 7-8% yoy. Optimisme itu ditopang kenaikan penjualan ritel 9,8%, data Purchasing Managers Index mencetak rekor tertinggi 55,3, lonjakan penjualan mobil 228% dengan pemberlakuan diskon pajak, belanja nasional melambung 60,43%, serta program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional berjalan lebih baik. (Investor Daily)

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan Investasi. Salah satu tugas Satgas ini adalah melakukan pengawalan (end to end) dan berperan aktif dalam penyelesaian hambatan pelaksanaan berusaha atau investasi. Satgas Investasi ini dipimpin oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan dua wakil ketua yakni Wakil Jaksa Agung dan Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri). Sementara untuk sekretaris Satgas dijabat Dini Purwono yang juga Staf Khusus Presiden Bidang Hukum. (Investor Daily)

 

Dari AS, Federal Reserve sedang dalam tahap awal kampanye pengurangan pembelian aset bulanan sebesar US$ 120 miliar agar pasar keuangan sudah lebih siap. Komentar oleh pejabat The Fed dalam beberapa minggu terakhir menunjukkan masalah tapering tampaknya akan dibahas segera setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal minggu depan, dan The Fed mungkin berada di jalur untuk memulai pengurangan aset akhir tahun ini atau awal tahun depan. (CNBC)

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

 

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian—8-Juni-2021.pdf