Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Senin 3 Mei 2021

Kilas Pasar

 

Pasar global mayoritas bergerak melemah pada perdagangan Jumat (30/4). Bursa AS kompak melemah dengan Dow turun 185,51 poin atau 0,54% menjadi 33.874,85. Kemudian S&P 500 dan Nasdaq juga melemah masing-masing 0,72% dan 0,85% menjadi 4.181,17, dan 13.962,68. Dari Eropa, FTSE naik 0,12% atau 8,33 poin menjadi 6.969,81, sedangkan Stoxx600 turun 0,31% atau 1,38 poin menjadi 437,39.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada pada level Rp 14.445. Komoditas utama dunia, yaitu minyak WTI pagi ini naik sebesar 0,46% begitupun dengan Brent yang menguat 0,59%, keduanya berada pada level US$63,87 dan US$ 67,05 per barrel. Pagi ini Kospi naik 0,11% sedangkan Nikkei 225 libur hari ini. Di sisi lain, indeks futures di Amerika Serikat, Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq futures kompak menguat masing-masing 0,40%, 0,40% dan 0,31%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) berencana segera menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan sejumlah BUMN karya terkait dengan penyertaan modal atau investasi senilai Rp 50-60 triliun oleh sovereign wealth fund (SWF) milik pemerintah RI tersebut. Direktur Utama LPI Ridha Wira kusumah menargetkan, penandatanganan MoU bisa dilakukan dalam rentang waktu sebulan ke depan. Kendati begitu, ia tidak merinci perusahaan-perusahaan yang bakal terlibat dalam kerja sama tersebut. Namun, ia sempat memberikan contoh, investasi akan dilakukan melalui pembelian tol yang nilainya berpotensi untuk ditingkatkan. (Investor Daily)

 

Update Covid-19. Kematian per hari akibat virus korona di India mencapai rekor 3.689 pada hari Minggu. Krisis tersebut merugikan Perdana Menteri Narendra Modi dalam pemilihan umum, karena partai BJP yang berkuasa mengakui kekalahan di negara bagian Benggala Barat. Presiden AS Joe Biden melarang sebagian besar perjalanan ke AS dari India mulai Selasa, dan Malaysia melaporkan kasus pertama yang disebut varian India. Pembicaraan dimulai minggu ini antara AS dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengenai perluasan akses ke vaksin. India, Afrika Selatan, dan negara lain sedang mengupayakan keringanan dari WTO untuk memudahkan perlindungan kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19. Sementara itu, Singapura dan Malaysia mengumumkan kembalinya perjalanan lintas batas untuk keadaan darurat. (Bloomberg)

 

Warren Buffett menyarankan para investor yang baru bermain di saham untuk memiliki portofolio beragam. Ia mengatakan itu pada rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan Berkshire Hathaway, Sabtu (1/5) waktu setempat. Buffett (90 tahun) memanfaatkan momen spesial tersebut seiring berbondong-bondong investor baru masuk ke pasar saham. Hal ini didasari melonjaknya kapitalisasi pasar saham-saham papan atas saat ini hingga sampai triliunan dolar AS, bukan lagi miliaran dolar AS (Investor Daily)

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

 

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian—3-Mei-2021.pdf