Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Selasa 6 April 2021

Kilas Pasar

 

Pada perdagangan Senin (2/4), bursa AS menguat. Dow menguat 373,98 poin atau 1,13% menjadi 33.527,19. Sementara itu, S&P 500 dan Nasdaq juga menguat masing-masing sebesar 1,44% dan 1,67% menjadi menjadi 4.077,91 dan 13.705,59. Dari Eropa bursa masih libur kemarin. Sementara itu dari Asia, Nikkei 225 dan Kospi juga menguat masing-masing 0,76% dan 0,26% pada perdagangan Senin (5/4).

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada pada level RP 14.515. Komoditas utama dunia, yaitu minyak WTI pagi ini menguat 0,49% sementara Brent menguat 0,22%. Hari ini Nikkei 225 dibuka menguat 0,07% sementara Kospi menguat 0,42%. Indeks futures di Amerika Serikat, Dow Jones melemah 0,03%, sedangkan indeks futures S&P 500, dan Nasdaq kompak menguat masing-masing 0,02%, dan 0,15%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Pemerintah secara resmi memperpanjang dan memperluas cakupan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Skala Mikro (PPKM Mikro) hingga 19 April 2021. Kebijakan itu ditempuh untuk menjaga tingkat pengendalian kasus Covid-19 dan meningkatkan efektivitas pengendalian Covid-19 di tingkat nasional. (Investor Daily)

 

Dalam pidato besar pertamanya tentang kebijakan ekonomi internasional, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengajukan kasus untuk tarif pajak perusahaan minimum di seluruh ekonomi utama dunia. Dia berbicara tentang kembalinya Amerika ke “panggung global” dan mengasingkan Tiongkok, mengatakan AS membutuhkan “kehadiran yang kuat di pasar global” untuk menyamakan kedudukan. Proposal pajak menandai kembalinya AS ke pembicaraan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun mengenai kesepakatan global tentang pungutan minimum. Minggu ini, Yellen berpartisipasi dalam pertemuan putaran pertamanya sebagai Menteri Keuangan selama pertemuan musim semi dari IMF dan Bank Dunia. (Bloomberg)

 

Nilai total pasar cryptocurrency mendorong melewati US$ 2 triliun untuk pertama kalinya, berlipat ganda dalam waktu sekitar dua bulan. Investor institusi global mencoba-coba sebagai cara untuk meningkatkan keuntungan di dunia dengan suku bunga yang mendekati nol. Bitcoin, merupakan yang terbesar dari lebih dari total 6.600 koin kripto yang dilacak oleh CoinGecko, bernilai lebih dari US$ 1, sedangkan lima koin terbesar berikutnya – Ether, Binance Coin, Polkadot, Tether dan Cardano – memiliki nilai gabungan sekitar US$ 422 miliar. Tesla telah menuangkan US$ 1 miliar dari cadangannya ke dalam Bitcoin, Morgan Stanley mengizinkan beberapa klien untuk menambahkan token ke portofolionya, dan perusahaan dari Mastercard hingga PayPal mengambil langkah untuk menerimanya. (Bloomberg)

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

 

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian—6-April-2021.pdf