Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Senin 3 Agustus 2020

Kilas Pasar  

   

Indeks saham di AS menguat hari Jumat, empat perusahaan teknologi terbesar di Amerika melaporkan pendapatan atau laba yang mengalahkan ekspektasi Wall Street. Dow Jones ditutup menguat 0,4%, S&P 500 ditutup menguat 0,8%, dan Nasdaq menguat 1,5%.   

   

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup melemah 0,9%. IHSG ditutup menguat 0,7%.  

   

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.600. Minyak Brent pagi ini diperdagangkan di level 43,3.   

 

Prediksi Hari Ini  

   

Pasar diperkirakan bergerak mixed cenderung positif hari ini. Dow dan S&P Futures terlihat menguat masing-masing 0,1%. Nikkei menguat 1,2%, Kospi melemah 0,4%.   

   

Isu Ekonomi dan Pasar  

 

Ekonomi AS menyusut 32,9% secara annualized qoq (quarter on quarter) di kuartal kedua, penurunan terburuk dalam catatan karena pandemi coronavirus memaksa bisnis tutup, konsumen tetap di rumah dan PHK pun meroket. Penurunan itu, meski mengejutkan, tidak seburuk yang ditakutkan para ekonom. Mereka yang disurvei oleh FactSet mengharapkan penurunan yang lebih tajam dari 34,6%. Dan kontraksi tidak seburuk yang terlihat mengingat produk domestik bruto di AS dihitung secara annualized, apabila tidak, penurunannya sekitar 9%.   

 

Ekonomi zona euro juga terpukul karena pandemi coronavirus, dengan PDB menyusut sebesar 12,1% pada kuartal kedua 2020, pejabat Uni Eropa mengatakan dalam perkiraan awal yang diterbitkan pada hari Jumat. Pandemi memiliki dampak terbesar pada Spanyol, ekonomi terbesar keempat Uni Eropa, yang mengalami penurunan PDB sebesar 18,5%.  

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.  

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-3-Agustus-2020.pdf