Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Rabu 29 Juli 2020

Kilas Pasar  

   

Indeks saham di AS melemah tadi malam, pasar mencerna gelombang rilis laporan laba dari perusahaan-perusahaan seperti 3M, eBay, Starbucks. Dow Jones ditutup melemah 0,8%, S&P 500 ditutup melemah 0,6%, dan Nasdaq melemah 1,3%.   

   

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup menguat 0,4%. IHSG ditutup melemah 0,1%.  

   

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.535. Minyak Brent pagi ini diperdagangkan di level 43,2.   

 

Prediksi Hari Ini  

   

Pasar diperkirakan bergerak flat cenderung positif hari ini. Dow dan S&P Futures terlihat flat dan menguat 0,1%.   

   

Isu Ekonomi dan Pasar  

 

Pekan ini, Komite Pasar Terbuka Federal Reserve mengadakan pertemuan untuk pertama kalinya sejak kebangkitan virus corona melintasi AS yang dimulai pada pertengahan Juni. Sejak itu, jumlah kasus baru yang dikonfirmasi dari virus ini meningkat tiga kali lipat dan jumlah orang Amerika yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 menjadi dua kali lipat, dengan akibatnya ekonomi juga kehilangan momentum kenaikannya.  

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga  Hartarto, mengisyaratkan Indonesia akan mengalami resesi ekonomi di tahun ini. Ini lantaran ekonomi Indonesia akan mengalami kontraksi ekonomi dua kali berturut-turut alias resesi. Prediksi Airlangga, ekonomi kuartal II tahun ini akan minus 3,4%, sementara kuartal III akan minus 1%.  

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.  

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-29-Juli-2020.pdf