Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Senin 27 Juli 2020

Kilas Pasar  

   

Indeks saham di AS melemah hari Jumat, indeks saham tekonologi Nasdaq Composite mencatat penurunan berturut pertama sejak pertengahan Mei, sementara investor cemas tentang meningkatnya ketegangan AS-China. Dow Jones ditutup melemah 0,7%, S&P 500 ditutup melemah 0,6%, dan Nasdaq melemah 0,9%.   

   

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup melemah 1,7%. IHSG ditutup melemah 1,2%.  

   

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.610. Minyak Brent pagi ini diperdagangkan di level 43,1.   

 

Prediksi Hari Ini  

   

Pasar diperkirakan bergerak melemah hari ini. Dow dan S&P Futures terlihat melemah masing-masing 0,1%.   

   

Isu Ekonomi dan Pasar  

 

Beberapa sentimen negatif menyerang pasar minggu lalu. Kasus-kasus Coronavirus di AS terus meningkat di tempat-tempat seperti Arizona dan Texas, Senat tidak dapat menyetujui paket stimulus fiskal, dan laporan pekerjaan terbaru lebih lemah dari yang diharapkan. Lalu ada penghasilan dari beberapa perusahaan teknologi paling populer, termasuk Microsoft (MSFT), Citrix Systems (CTRX), dan Tesla (TSLA), yang tidak memenuhi harapan yang tercermin ke saham mereka.   

 

Kira-kira 32 juta orang Amerika yang saat ini menerima tunjangan pengangguran akan kehilangan ribuan dolar per bulan kecuali Kongres segera bertindak. Tanpa pendapatan tambahan yang disediakan oleh pembayaran PUC — dan perluasan kelayakan untuk tunjangan pengangguran bagi pekerja lepas dan wiraswasta melalui Pandemic Unemployment Assistance, yang secara kasar menggandakan jumlah orang Amerika yang mendapatkan dukungan — jumlah total pembayaran yang diterima oleh pekerja dan pengangguran melalui pekerjaan mereka dan dari asuransi pengangguran reguler akan menjadi 6% lebih rendah di bulan Mei daripada di bulan Februari.  

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.  

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-27-Juli-2020.pdf