Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Jumat 24 Juli 2020

Kilas Pasar

 

Indeks saham di AS melemah kemarin, Data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan 1,42 juta orang Amerika mengajukan klaim tunjangan pengangguran, kenaikan 109.000 dan kenaikan pertama dari mereka yang mencari tunjangan sejak akhir Maret. Dow Jones ditutup melemah 1,3%, S&P 500 ditutup melemah 1,2%, dan Nasdaq melemah 2,3%. 

 

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup datar 0,06%. IHSG ditutup menguat 0,7%.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.580. Minyak Brent pagi ini diperdagangkan di level 43,4. 

 

Prediksi Hari Ini

 

Pasar diperkirakan bergerak melemah hari ini. Dow dan S&P Futures terlihat menguat masing-masing 0,1% dan 0,2%. Nikkei terlihat melemah 0,6%, Kospi melemah 0,5%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Klaim asuransi pengangguran naik untuk pertama kalinya sejak akhir Maret, menandakan pemulihan sejauh ini di pasar tenaga kerja AS masih rapuh karena beberapa negara bagian dan perusahaan membuka kembali kegiatan di tengah meningkatnya infeksi Covid-19.

 

Departemen Tenaga Kerja mengatakan Kamis bahwa 1,42 juta orang Amerika mengajukan tunjangan pengangguran dalam pekan yang berakhir 18 Juli, berdasarkan penyesuaian musiman. Itu naik dari 1,31 juta yang direvisi di minggu sebelumnya, dan itu lebih tinggi dari 1,3 juta menurut perkiraan ekonom yang disurvei oleh FactSet. Dalam beberapa minggu terakhir, yang terjadi adalah penurunan terus-menerus dalam klaim dari puncaknya di Maret, namun saat ini penurunan sudah mulai berhenti.

 

Klaim untuk tunjangan pengangguran yang berkelanjutan, sementara itu, tetap sekitar 32 juta, dibandingkan dengan 1,7 juta setahun sebelumnya.

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-24-Juli-2020.pdf