Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Kamis 23 Juli 2020

Kilas Pasar

 

Indeks saham di AS menguat kemarin, didorong berita tentang kesepakatan vaksin coronavirus antara pemerintah AS dengan Pfizer dan BioNTech dan kemajuan dalam negosiasi stimulus. Dow Jones ditutup menguat 0,6%, S&P 500 ditutup menguat 0,6%, dan Nasdaq menguat 0,2%. 

 

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup melemah 0,9%. IHSG ditutup melemah 0,1%.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.650. Minyak Brent pagi ini diperdagangkan di level 44,3. 

 

Prediksi Hari Ini

 

Pasar diperkirakan bergerak melemah hari ini. Dow dan S&P Futures terlihat melemah masing-masing 0,1%. Nikkei terlihat melemah 0,6%, Kospi melemah 0,8%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Pemerintah AS sepakat untuk membayar Pfizer dan mitra Jerman mereka, BioNTech, $ 1,95 miliar untuk memproduksi 100 juta vaksin coronavirus jika terbukti aman dan efektif. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan menambahkan AS dapat memperoleh tambahan 500 juta dosis obat berdasarkan perjanjian. 

 

Partai Republik sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang tunjangan pengangguran saat ini di $ 400 per bulan hingga Desember. Pembayaran ini akan lebih rendah dari tunjangan pengangguran saat ini $ 600 per minggu.

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah akan melanjutkan tiga stimulus perlindungan sosial sampai dengan 2021. Ketiga program yang merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tersebut adalah bantuan sosial (Bansos), program keluarga harapan (PKH), dan sembako.

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-23-Juli-2020.pdf