Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Rabu 1 Juli 2020

Kilas Pasar

 

Pasar saham di AS menguat kemarin, investor menimbang meningkatnya kasus coronavirus dengan data ekonomi yang positif pada hari Selasa dari AS dan China yang menunjukkan rebound di beberapa data ekonomi. Dow Jones ditutup menguat 0,8%, S&P 500 ditutup menguat 1,5%, dan Nasdaq menguat 1,9%. 

 

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup menguat 0,1%. IHSG kemarin menguat 0,1%.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.265. Minyak Brent pagi ini diperdagangkan di level 41,1. 

 

Prediksi Hari Ini

 

Pasar diperkirakan bergerak mixed hari ini. Dow dan S&P Futures terlihat melemah masing-masing 0,3%. Nikkei terlihat menguat 0,1%, Kospi menguat 0,7%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Di AS, indeks kepercayaan konsumen dilaporkan meningkat 11 poin ke level 98,1 di Juni. Perkiraan konsensus para ekonom adalah untuk angka 90,6. Konsumen Amerika tetap lebih optimis tentang masa depan daripada keadaan mereka saat ini : komponen indeks situasi saat ini dari survei naik 15,1 poin, menjadi 86,2, sementara indeks harapan naik 9,1 poin, menjadi 106.

 

Di Cina, survei aktivitas pabrik naik ke level tertinggi tiga bulan. Indeks Purchasing Manager manufaktur bulan Juni berada di 50,9, sedikit di atas ekspektasi para ekonom dan mengindikasikan aktivitas yang meningkat.

 

Saham AS mengakhiri kuartal kedua dengan catatan kuat. Semua sebelas sektor dalam S&P 500 naik untuk menutup kuartal terbaik indeks sejak kuartal keempat tahun 1998, yaitu kenaikan 20%. IHSG sendiri menguat 8,1% selama kuartal 2.

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-1-Juli-2020.pdf