Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Senin 29 Juni 2020

Kilas Pasar

 

Pasar saham di AS melemah pada hari Jumat karena investor semakin khawatir tentang prospek ekonomi. Pembukaan kembali ekonomi terhenti karena kasus Covid-19 meningkat di banyak bagian di AS. Gubernur Texas Greg Abbott memerintahkan pembatasan lebih lanjut pada bisnis lokal pada hari Jumat. Dow Jones ditutup melemah 2,8%, S&P 500 ditutup melemah 2,4%, dan Nasdaq melemah 2,6%. 

 

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup melemah 0,4%. IHSG pada hari Jumat ditutup menguat 0,1%.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.220. Minyak Brent pagi ini diperdagangkan di level 40,2. 

 

Prediksi Hari Ini

 

Pasar diperkirakan bergerak melemah hari ini. Dow dan S&P Futures terlihat melemah masing-masing 0,4%. Nikkei terlihat melemah 1,5%, Kospi melemah 1,5%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Federal Reserve membatasi pembayaran dividen bank-bank di AS dan melarang pembelian kembali saham sampai setidaknya kuartal keempat, langkah yang ditempuh setelah stress test tahunan. Meski The Fed menemukan bahwa sebagian besar bank akan tetap memiliki modal yang baik jika pertumbuhan ekonomi AS rebound, modal mereka akan menipis karena kerugian pinjaman apabila terjadi skenario terburuk yang dipicu oleh pandemi coronavirus. Untuk membantu menjaga modal, para pejabat Dewan Gubernur memutuskan untuk menunda pembelian kembali saham bank hingga kuartal ketiga dan membatasi pembayaran dividen mereka.

 

Pemilik bar dan restoran di Texas dan Florida terkejut pada hari Jumat setelah pemerintahan negara bagian tiba-tiba memberikan pembatasan baru pada bisnis mereka karena lonjakan kasus COVID-19 baru. Pemerintah Houston menyarankan penduduk untuk tetap di rumah, dan Texas memerintahkan dokter untuk mengakhiri operasi elektif ketika kasus coronavirus baru mencatat rekor pada tiga hari berturut-turut. Florida melaporkan hampir 9.000 infeksi baru pada hari Jumat, juga merupakan rekor tertinggi.

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-29-Juni-2020.pdf