Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Kamis 25 Juni 2020

Kilas Pasar

 

Indeks saham di AS mengalami pelemahan signifikan tadi malam, seiring kekhawatiran akan meningkatnya kembali jumlah kasus corona virus di beberapa negara bagian seperti California dan Florida. Dow Jones ditutup melemah 2,7%, S&P 500 ditutup melemah 2,6%, dan Nasdaq melemah 2,2%. 

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup melemah 2,8%. IHSG kemarin ditutup menguat 1,7%.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.130. Minyak Brent pagi ini diperdagangkan di level 40,3. 

 

Prediksi Hari Ini

 

Pasar diperkirakan bergerak melemah hari ini. Dow dan S&P Futures terlihat melemah masing-masing 0,1% dan 0,2%. Nikkei terlihat melemah 1,3%, Kospi melemah 1,7%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Tujuh negara bagian di AS melaporkan angka rekor baru untuk jumlah rawat inap coronavirus saat ini, menurut data yang dilacak oleh The Washington Post, yaitu Arizona, Arkansas, California, Carolina Utara, Carolina Selatan, Tennessee dan Texas, karena jumlah infeksi terus meningkat di AS bagian Selatan dan Barat. Lebih dari 800 kematian secara bersamaan dilaporkan di Amerika Serikat pada hari Selasa, pertama kali kematian meningkat sejak 7 Juni. Texas dan California pada Selasa melampaui 5.000 kasus baru virus corona dalam rentang 24 jam. Arizona, Nevada, dan Missouri juga mencatat angka harian tertinggi baru. Secara keseluruhan, 33 negara bagian dan teritori A.S. kini memiliki rata-rata kasus baru yang lebih tinggi dari minggu lalu. 

 

International Monetary Fund (IMF) memprediksi ekonomi dunia akan tumbuh negatif 4,9% pada tahun 2020. Proyeksi ini menurun 1,9% poin dari prediksi pada bulan April 2020 sebelumnya.  “Pandemi Covid-19 rupanya memberi dampak yang lebih buruk daripada yang diperkirakan pada setengah tahun pertama tahun ini. Untuk itu, pemulihan ekonomi kami prediksi akan lebih bertahap lagi,” ujar Economic Counsellor and Director of the Research Department IMF Gita Gopinath, Rabu (24/6). 

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

Best Regards,

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-25-Juni-2020.pdf