Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Selasa 19 Mei 2020

Kilas Pasar

 

Indeks saham di AS ditutup menguat signifikan tadi malam seiring komentar Ketua Federal Reserve yang menyarankan kemungkinan lebih banyak stimulus moneter, serta perusahaan farmasi Moderna Inc yang mengatakan vaksin COVID-19 eksperimentalnya menunjukkan hasil yang menjanjikan. Dow Jones ditutup menguat 3,8%, S&P500 menguat 3,1%, Nasdaq menguat 2,4%.

 

Di Eropa, indeks Europe Stoxx600 ditutup menguat 4,1%, dengan saham sumber daya dasar naik 8% untuk memimpin penguatan. IHSG ditutup menguat 0,08% dipimpin sektor aneka industri, infrastruktur, dan pertambangan.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.850. Minyak Brent menguat sebesar 7% ke level USD 35 per barrel seiring berita dari China dimana pakar minyak mengatakan permintaan minyak mentah hampir kembali pada tingkat pra-pandemi.

 

Prediksi Hari Ini

 

Pasar diperkirakan bergerak menguat hari ini. Futures dan sebagian besar bursa di Asia terlihat menguat. Nikkei pagi ini terlihat menguat 2,3% dan Kospi menguat 2,1%.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Saham-saham di AS meningkat pada hari Senin, dipimpin oleh saham-saham perusahaan yang paling tidak disukai pada tahun 2020, seperti maskapai penerbangan, perusahaan minyak, dan perusahaan pelayaran. Pemenang relatif pasar di masa coronavirus selama ini yaitu di sektor-sektor seperti healthcare, teknologi, dan consumer staples tertinggal. Sektor-sektor utama yang meningkat antara lain energi dan industrial, masing-masing naik 8,2% dan 6,6%.

 

Saham bank telah tertinggal di belakang pasar karena suku bunga rendah – dan ketakutan akan suku bunga negatif – ditambah dengan ekonomi yang lemah yang diperkirakan akan menekan laba. Tetapi pada hari Minggu, Powell, sekali lagi melemparkan air dingin pada gagasan suku bunga negatif di AS. “Setelah krisis keuangan terakhir, bank-bank lebih dari meningkatkan dua kali lipat modal dan likuiditas mereka dan mereka jauh lebih baik dalam mengelola risiko yang mereka ambil, “kata Powell, merujuk pada krisis keuangan 2008-09. “Mereka jauh lebih kuat daripada sebelum krisis keuangan terakhir.” Komentar ini memicu kenaikan di saham perbankan di AS kemarin.

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

 

Best Regards,

SAM Investment 

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-19-Mei-2020.pdf