Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Selasa 24 Maret 2020

Kilas Pasar 

Indeks saham di Amerika tercatat kembali melemah kemarin, seiring dengan masih mandeknya deal stimulus fiscal di parlemen Amerika Serikat. Dow Jones ditutup melemah 3%, S&P 500 turun 2,9%, dan Nasdaq melemah 0,3%.

Di Eropa, indeks acuan Euro Stoxx600 tercatat menurun 4,3%, seiring masih pesatnya penyebaran covid-19 di benua tersebut. Dari dalam negeri, IHSG melemah 4,9% kemarin. 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup melemah sebesar 3,6% ke 16.565. Minyak Brent menurun 5,5% ke level 25,5 kemarin. 

Prediksi Hari Ini 

Pasar mungkin menguat terbatas hari ini, seiring sebagian besar bursa Asia yang pagi ini dibuka menguat. Nikkei pagi ini menguat 4,7% sementara Kospi menguat 4,6%. 

Isu Ekonomi dan Pasar 

Federal Reserve, Senin, mengatakan akan meluncurkan rentetan program yang bertujuan membantu pasar berfungsi lebih efisien di tengah krisis coronavirus. 

Di antara inisiatif tersebut adalah komitmen untuk melanjutkan program pembelian aset “dalam jumlah yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran fungsi pasar dan transmisi kebijakan moneter yang efektif ke kondisi keuangan dan ekonomi yang lebih luas.” 

Hal ini mewakili babak baru dalam kebijakan The Fed karena mereka telah berkomitmen untuk terus memperluas neraca mereka sebagaimana diperlukan, tidak membatasi komitmen hanya untuk jumlah yang telah ditentukan. 

The Fed juga akan bergerak untuk pertama kalinya ke dalam pembelian obligasi korporasi, membeli surat utang dengan peringkat tingkat investasi di pasar primer dan sekunder, dan melalui ETF. 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. 

SAM Investment

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-24-Maret-2020.pdf