Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi Harian Kamis 21 Maret 2019

Ada kecenderungan indeks di bursa Asia akan turun hari ini terlihat dari indeks futures bursa Asia yang sebagian besar ‘merah’  namun harga minyak mentah tercatat naik pagi ini yang bisa menjadi sentimen positif dan membuat arah indeks berbalik naik.. Mata uang kuat Asia HK dolar dan Sin dolar dibuka menguat terhadap USDolar  pagi ini, kemungkinan bisa menjadi sentimen penguatan rupiah menuju kisaran Rp.14.150 s.d Rp.14.180 per USD (kurs tengah Bloomberg).

 

Rapat RDG BI hari ini kemungkinan akan putuskan suku bunga acuan 7DRR tetap 6% dengan pertimbangan data-data domestik yang masih stabil ditambah keputusan the Fed yang pertahankan suku bunganya. Keputusan tetap ini juga untuk menjaga spread suku bunga  obligasi AS-Indonesia supaya tetap menarik bagi investor. Kemungkinan BI bisa pertahankan suku bunganya tetap 6% di tahun 2019 ini.

 

The Fed pertahankan suku bunga FFRnya sebesar 2,25%-2,5% pada FOMC kemarin. The Fed juga merevisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi dan menaikkan tingkat pengangguran dari proyeksi sebelumnya. Untuk tahun 2019 pertumbuhan ekonomi turun menjadi 2,1% dengan tingkat pengangguran naik menjadi 3,7%. Revisi proyeksi ini membuat the Fed kemungkinan akan mempertahankan suku bunganya selama tahun 2019 ini.

 

 

 

 

Salam,

Lana Soelistianingsih

Kepala Riset/Ekonom

Samuel Aset Manajemen

Telp: 62 21 28548828

Ulasan-Ekonomi-Harian-Kamis-21-Maret-2019.pdf