Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi Harian Rabu 4 Juli 2018

Ada potensi koreksi di bursa Asia hari ini terlihat dari indeks futuresnya yang sebagian besar tercatat turun dengan sentiment yang ‘mixed’. Indeks Dow di AS yang turun semalam tetapi harga minyak mentah dibuka naik pagi ini. Sementara mata uang yen dan HK dolar menguat sedangkan Sin dolar melemah terhadap USDolar pagi ini. Kemungkinan rupiah akan bergerak melemah menuju kisaran antara Rp.14.400 s.d Rp.14.420 per USD walaupun tetap dalam penjagaan BI.

 

PMI manufaktur Indonesia hasil survey Nikkei dan Markit turun pada Juni 2018 menjadi 50,3 terendah sejak Desember 2017 yang sebesar 49,3. Penurunan diantaranya karena menurunnya kegiatan bisnis ekspor dalam tujuh bulan terakhir. Saat ini pebisnis mengkawatirkan pelemahan rupiah karena naiknya harga bahan baku. Penurunan kegiatan produksi juga efek dari faktor  siklus pasca puasa-lebaran.

 

Indeks optimisme ekonomi di AS meningkat menjadi 56,4 pada Juli – tertinggi dalam 5 bulan terakhir. Survei juga mencatat ‘consumer economic outlook’ untuk 6 bulan ke depan, financial outlook dan Federal policy confidence juga naik, bahkan tertinggi sejak Desember 2006. Hasil survey ini memberi indikasi sebagai respon positif terhadap kebijakan Presiden Trump termasuk kebijakan perdagangan yang cenderung melakukan proteksi.

 

 

Salam,

Lana Soelistianingsih

Kepala Riset/Ekonom

Samuel Aset Manajemen

Telp: 62 21 28548828

Ulasan-Ekonomi-Harian-Rabu-4-Juli-2018.pdf