Samuel Aset Manajemen

Ulasan Pasar & Ekonomi Bulanan November 2021 – Yield Curve

Ulasan Pasar Global
Indeks saham global melanjutkan reli di bulan Oktober

Pasar saham global mengalami penguatan sejak awal tahun hingga bulan September 2021 dan relatif hanya sedikit indeks saham yang mencatatkan hasil negatif sepanjang tahun berjalan 2021. Indeks saham Rusia (MOEX) mencatatkan kenaikan tertinggi, sementara indeks saham Brazil (BOVESPA) mencatatkan penurunan terbesar.

Indeks saham negara-negara berkembang lanjut memimpin penguatan dalam beberapa minggu terakhir. Indeks saham Rusia (MOEX), India (SENSEX), Mexico (S&P/BMV), dan Taiwan (TWSE) memimpin penguatan.

Indeks saham negara-negara maju juga tetap mencatatkan hasil yang positif, dipimpin oleh indeks saham Denmark (OMX Copenhagen), diikuti oleh Amerika Serikat (S&P 500), Swedia (OMX Stockholm), Eropa (STOXX 600), Jerman (DAX), dan Inggris (FTSE 100).

Sektor Energi dan Finansial cenderung menjadi sektor yang berkinerja lebih unggul dari sektor lainnya di setiap kawasan secara global sejak awal tahun. Di sisi lain, sektor-sektor yang berkaitan dengan Teknologi juga masih cenderung menguat, meski cenderung tertinggal di negara-negara berkembang. Sementara sektor-sektor yang cenderung defensif (Konsumsi, Kesehatan, dan Utilitas) memiliki kinerja yang relatif tertinggal dibandingkan indeks acuannya.

Pasar saham global ditutup menguat pada bulan Oktober, setelah sempat terkoreksi di bulan September. Pembalikan arah yang positif ini membuat S&P 500 indeks saham acuan Amerika Serikat, mencapai level tertingginya sepanjang masa. Kekhawatiran pasar mengenai sektor properti di China mulai memudar. Beberapa data inflasi global yang sudah rilis menunjukkan peningkatan yang cukup merata di beberapa kasawan ekonomi. Salah satu penyebabnya adalah krisis energi yang saat ini sedang terjadi di beberapa negara.  

Baca ulasan ekonomi bulan November lebih lengkap, unduh file PDF.