Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi dan Pasar Harian Selasa 30 Juni 2020

Kilas Pasar

 

Indeks saham di Amerika Serikat tercatat menguat tajam pada akhir perdagangan kemarin, seiring dengan harapan baru terkait stimulus ekonomi. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat menguat masing-masing 2,3%, 1,5%, dan 1,2%.

 

Indeks di Eropa juga tercatat menguat, seiring dengan keyakinan pasar akan pemulihan ekonomi yang lebih baik di Eropa dibandingkan dengan AS. FTSE 100 dan Stoxx 600 tercatat menguat masing-masing 1,1% dan 0,4%. IHSG ditutup melemah 0,05% kemarin.

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pagi ini diperdagangkan pada level Rp14.200. Komoditas utama dunia, yaitu minyak WTI dan Brent, tercatat masing-masing menguat 3,1% dan 1,7%.

 

Prediksi Hari Ini

 

Pasar diperkirakan menguat hari ini. Pagi ini, Nikkei 225 dan Kospi tercatat menguat masing-masing 1,7% dan 1,3%. Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat menguat masing-masing 0,03%, 0,1%, dan 0,2%. Hari ini adalah hari penutupan pasar untuk triwulan II-2020 dan semester I-2020.

 

Isu Ekonomi dan Pasar

 

Ketua Bank Sentral Amerika Serikat Jerome Powell kembali menegaskan adanya ketidakpastian yang sangat tinggi mengenai pemulihan ekonomi AS. Dalam paparannya di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR AS, Powell mengatakan, pemulihan ekonomi AS akan sangat bergantung pada penanganan pandemi Covid-19. Powell menggarisbawahi lemahnya keluaran (output) ekonomi dan tingginya pengangguran yang tetap jauh lebih buruk dibandingkan keadaan sebelum pandemi. Menurutnya, pemulihan ekonomi secara penuh baru akan mungkin terjadi ketika masyarakat cukup yakin untuk kembali berkegiatan sebagaimana biasa.

 

Dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan rencana pembagian beban antara pemerintah dan BI. Dikutip dari Kontan, Sri Mulyani mengatakan, BI akan menanggung hingga 100% beban bunga utang untuk mengurangi beban dampak Covid-19 dalam kelompok penggunaan barang publik, seperti sektor kesehatan, perlindungan sosial, serta sektoral, K/L, dan Pemda.  Adapun utang untuk barang non-publik berupa UMKM dengan skema pembagian beban BI 7-day reverse repo rate dikurang diskon 1% dan non public goods korporasi non-UMKM dengan BI 7-day reverse repo rate. Adapun untuk belanja lainnya, pemerintah akan menanggung beban bunga sebesar 100%.

 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.

 

 

 

Regards,

 

SAM Investment

PT SAMUEL ASET MANAJEMEN

Your Lifelong Investment Partner

 

Menara Imperium Ground Floor Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1 Jakarta Selatan 12980 Indonesia

Contact: +62-21-28548800 | f. +62-21-8317474 | www.sam.co.id

 

SAM-Ulasan-Ekonomi-dan-Pasar-Harian-30-Juni-2020.pdf