Samuel Aset Manajemen

SAM Ulasan Ekonomi Harian Jumat 4 Januari 2019

Indeks futures bursa Asia tercatat bervariasi, indikasi ada potensi indeks di bursa Asia  akan bergerak mixed hari ini tetapi dengan kecenderungan terkoreksi terbawa sentimen turunnya indeks di bursa global semalam walaupun harga minyak mentah dibuka sedikit naik pagi ini. Mata uang kuat Asia yen, HK dolar dan Sin dolar dibuka melemah terhadap USDolar  pagi ini, kemungkinan rupiah melemah menuju kisaran Rp.14.420 s.d Rp.14.450 per USD (kurs tengah Bloomberg).

 

BI perkirakan CAD 2018 akan mencapai 2,5% dari PDB, membaik dibandingkan perkiraan untuk tahun 2018 yang diperkirakan sebesar 3% dari PDB. Perkiraan ini dengan mempertimbangkan impor yang akan turun signifikan dibandingkan impor. Dari sisi moneter, perkiraan CAD sebesar 2,5% memberi indikasi BI akan  menjaga nilai tukar rupiah stabil tinggi sebagai disinsentif impor, hanya saja kemungkinan pertumbuhan ekonomi akan sulit mencapai 5,3% sebagaimana asumsi APBN 2019.

 

Data-data ekonomi AS bulan Desember melambat seperti: 1). Jobless claims yang naik; 2). The ISM New York Current Business Condition Index yang turun selama 5 bulan terakhir berturut-turut; 3). ISM Manufacturing PMI turun terendah sejak November 2016. Tetapi ADP payroll masih naik. Indeks Dow kemarin terkoreksi tajam terhadap saham-saham berbasis teknologi.

 

 

 

Salam,

Lana Soelistianingsih

Kepala Riset/Ekonom

Samuel Aset Manajemen

Telp: 62 21 28548828

Ulasan-Ekonomi-Harian-Jumat-4-Januari-2019.pdf