Samuel Aset Manajemen

Indonesia, Ekonomi Kuat Rakyat Sejahtera

Pada ulang tahunnya yang ke-71 tahun, Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang manis dari segi perekonomian. Indonesia disebut-sebut sebagai tempat berinvestasi yang baik dan menjadi incaran banyak investor, di sektor riil maupun investasi portofolio. Perkembangan ini pun berdampak baik bagi kehidupan dan kesejahteraan di Indonesia secara nyata.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat bentuk Penanaman Modal Asing (PMA) untuk selama semester I 2016 meningkat 12,3% yoy dan dana asing yang masuk ke pasar saham dan obligasi tercatat hampir US$ 10 miliar hingga akhir Juli 2016 lalu. Majalah The Economist pun mencatat Indonesia sebagai tiga negara terbesar di Asia yang menjadi tujuan investasi paling menarik.

Posisi ekonomi Indonesia memang semakin diperhitungkan dari tahun ke tahun. Bagaimana tidak, di tengah keadaan ekonomi dunia yang sedang resesi seperti yang terjadi di Jepang dan Uni Eropa, Indonesia berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi meningkat 5,18% yoy pada triwulan ke-2 2016. “Angka ini mencatatkan Indonesia sebagai negara ke-4 tertinggi se-Asia dalam hal pertumbuhan ekonomi. Dengan rencana pemerintah membangun infrastruktur dalam skala besar, Indonesia pun semakin menjadi incaran para investor karena prospek ekonomi jangka menengah-panjang yang positif,” tutur ekonom Samuel Aset Manajemen (SAM), Dr. Lana Soelistianingsih.

Tingginya investasi yang ditanamkan akan sejalan dengan penghidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera. Investasi sendiri merupakan salah komponen Gross Domestic Bruto (GDP) dan langkah awal kegiatan produksi. Kegiatan investasi memungkinkan masyarakat meningkatkan kegiatan ekonomi dan membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga taraf hidup pun dapat meningkat.

Sayangnya, dalam pikiran banyak orang di Indonesia, investasi merupakan sebuah kegiatan yang membutuhkan banyak orang dan untuk kalangan tertentu saja. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Investasi merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, misalnya melalui reksa dana.

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi dari produk keuangan yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja dengan biaya yang terjangkau. Misalnya saja di SAM, seseorang dapat berinvestasi hanya dengan bermodalkan Rp 250 ribu. Pilihannya pun bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan tujuan seseorang berinvestasi, seperti reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham. Reksa dana juga memiliki produk syariah yang sesuai, diatur, dan diawasi secara saksama oleh Dewan Pengawasan Syariah. Saat ini SAM mengelola reksa dana untuk publik yang mempunyai rekam jejak dan kinerja yang memuaskan, beberapa di antaranya adalah yang terbaik di kelasnya, yaitu SAM Sukuk Syariah Sejahtera, SAM Syariah Berimbang, SAM Sharia Equity Fund, SAM Dana Berkembang dan SAM Indonesian Equity Fund.

“Bagi yang bingung memilih produk reksa dana apa yang paling sesuai, konsultasi merupakan hal yang harus dilakukan. Di SAM sendiri kami selalu memberikan konsultasi dan edukasi sehingga seseorang berinvestasi di instrumen yang dapat membawa dirinya mencapai tujuan yang diinginkan. Calon investor pun harus jeli dalam memilih, jangan sampai terjebak dalam investasi bodong atau palsu,” jelas Associate Director SAM, Ayu Widuri.

Tujuan memang penting dalam menentukan produk investasi yang dipilih. Apa contoh tujuan dalam berinvestasi? Misalnya saja menyiapkan dana pendidikan bagi anak sehingga sang buah hati dapat memiliki masa depan yang lebih cerah. Seperti diketahui dari tahun ke tahun biaya pendidikan terus meningkat dengan tingkat inflasi mencapai 20% per tahun. Tidaklah mudah bagi orang tua untuk menyiapkan dana, terutama jika mengandalkan uang tabungan yang bunganya tak sebesar inflasi yang terjadi.

Investasi pada reksa dana memang menjadi jawaban banyak orang tua untuk memastikan sang anak bisa mendapatkan pendidikan terbaik. Pendidikan merupakan salah satu warisan terbaik yang dapat diberikan oleh orang tua, tak hanya bagi anak itu sendiri, tetapi juga bagi nusa dan bangsa. Dengan pendidikan yang baik, sang anak dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan memiliki penghidupan yang lebih baik. Untuk memastikan hal tersebut tercapai, reksa dana merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat.

Tentu saja masih banyak tujuan yang dapat diraih melalui investasi reksa dana. “Membeli rumah idaman, mengumpulkan aset produktif, biaya pernikahan, liburan, hingga persiapan dana merupakan contoh lainnya yang kerap ditemukan di SAM. Kami pun berusaha sekuat mungkin untuk membantu mereka mencapai tujuan tersebut sehingga hidup bisa menjadi lebih baik. SAM mengajak masyarakat untuk bertransformasi menjadi Masyarakat Investasi dengan menikmati semua potensi terbaik dari pasar modal Indonesia dan menjadikan SAM sebagai mitra terbaik bagi investor institusi dan perorangan dalam meraih masa depan yang lebih makmur dan sejahtera, ujar Ayu lebih lajut.

***

Artikel terbit di Harian Kontan, 16 Agustus 2016, hal. 13

Pahlawan - PrintAds SAM -  2016 - Kontan