Samuel Aset Manajemen

Mempersiapkan Dana Liburan Keluarga

Ada fenomena menarik tentang aktivitas masyarakat urban Indonesia, khususnya di ibu kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya, pada setiap tanggal merah libur long weekend. Momen tersebut banyak digunakan untuk beristirahat dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan, berkumpul bersama keluarga, refreshing, dan melakukan perjalanan liburan keluar kota atau luar negeri.

Sayangnya, banyak keluarga yang belum terbiasa mempersiapkan liburan mereka atau bahkan melakukan liburan secara mendadak tanpa memperhitungkan biaya dan pengeluaran di luar dugaan yang mungkin terjadi. Padahal biaya liburan itu apalagi bersama keluarga bisa jadi mahal, apalagi biaya liburan ke luar negeri yang bergantung dari nilai tukar Rupiah terhadap Dollar. Agar dana liburan mencukupi, dan keuangan keluarga Anda sepulang dari liburan tidak terganggu, Anda harus merencanakan anggaran dan mengelola anggaran liburan  dengan baik.

Seperti tujuan keuangan lainnya, dana liburan juga harus direncanakan supaya tak menganggu rencana lainnya.  Dana liburan memang harus direncanakan karena liburan merupakan kebutuhan konsumtif. Menetapkan kapan waktu berlibur, kemana tujuan wisata yang akan dikunjungi dan jangka waktu yang dihabiskan adalah hal yang paling penting dalam merencanakan dana liburan. Dengan mengetahui kapan dan kemana, Anda dapat menetapkan instrumen investasi keuangan apa yang sesuai untuk menyiapkan kebutuhan dana liburan. Selain itu, Anda juga perlu merencanakan aktivitas apa saja yang akan dilakukan, obyek wisata apa saja yang akan dikunjungi, alat transportasi,  penginapan atau tempat tinggal, uang saku, biaya makan, perlengkapan yang akan dibawa, termasuk oleh-oleh yang akan dibeli. Catatlah setiap rincian anggaran secara detail agar tidak ada kebutuhan berlibur yang terlewatkan.

Buatlah estimasi besarnya dana yang dibutuhkan untuk berlibur. Untuk mencegah liburan yang boros, tetapkan pula dana maksimum yang akan Anda dan keluarga gunakan ketika berlibur. Setelah rincian anggaran berlibur dibuat, Anda harus mulai menyisihkan sebagian dana secara rutin dengan nominal yang tetap setiap bulannya.

Untuk mempersiapkan dana liburan, menabung reksa dana bisa jadi alternatif pilihan investasi. Reksa dana terdiri dari beberapa jenis, ada reksa dana pendapatan tetap, campuran dan saham. Baik yang konvensional maupun yang bersifat syariah. Yang menarik, sebagaimana tabungan, investasi reksa dana sangat terjangkau, dan dapat ditarik kapan saja sesuai ketentuan yang berlaku di prospektus. Dengan investasi awal hanya Rp 250 ribu saja, dana liburan dapat dikumpulkan dan diinvestasikan secara berkala.

Masing-masing reksa dana menawarkan potensi imbal hasil sesuai dengan profil dan karakteristik produk tersebut. Semakin tinggi potensi imbal hasil, biasanya diikuti pula dengan potensi risikonya. Kuncinya adalah bagaimana kita memilih reksa dana yang sesuai dengan karakter risiko, tujuan investasi dan terutama jangka waktu berinvestasinya.

Direktur Utama, Samuel Aset Manajemen, Agus B. Yanuar mengatakan, saat ini masyarakat sudah bisa mempertimbangkan reksadana sebagai alternatif untuk persiapan dana liburan. “Ada klien kami yang merupakan pendaki gunung. Jadi, biaya pendaki gunung tiga tahun ke depan, direncanakan dari sekarang,” ungkapnya.

Kalau digunakan dua tahun atau tiga tahun mendatang, Agus menyarankan investor untuk membeli produk reksadana campuran atau pendapatan tetap. Atau kalau mau jangka waktu lebih lama, misalnya akan berwisata lima tahun yang akan datang, investor bisa ambil produk yang berbasis saham, baik reksadana campuran atau reksadana saham.

Samuel Aset Manajemen memiliki produk investasi terbaik yang dapat digunakan untuk menyiapkan tujuan keuangan di masa depan. SAM mengelola reksa dana saham SAM Indonesian Equity, dan SAM Sharia Equity Fund. Reksa dana campuran SAM Dana Berkembang Fund dan SAM Syariah Berimbang, dan reksa dana pendapatan tetap SAM Sukuk Syariah Sejahtera.

Kinerja produk SAM termasuk yang terbaik di kelasnya masih-masing dan menjadi unggulan lembaga pemeringkat reksa dana serta menjadi pilihan cerdas para investor berpengalaman. Kinerja tersebut merupakan hasil dari keahlian meracik strategi investasi yang tepat, pengalaman, serta semangat untuk selalu memberikan yang terbaik kepada nasabah.

Dengan menyiapkan dana liburan secara bijak dan terencana, maka keinginan berlibur bersama keluarga dapat terwujud dengan tenang dan nyaman! Info lebih lanjut, hubungi 021-28548800.

image description